by

Efek Perayaan Tahun Baru

-Catatan-158 views

PAGARINEWS, COM, Jum’at 1 Januari 2021 sholat Jum’at dilaksanakan sebagaimana biasanya. Tapi tahukah kita bahwa pelaksanaan sholat Jumat tidak seramai seperti sholat pada hari Jumat sebelum-sebelumnya.

Salah satu penyebabnya adalah karena umat Islam ikut terlibat dalam perayaan tahun baru, secara pribadi, terorganisir maupun melalui medsos.

Ulama mengingatkan, para asatidzah, sosmed dan beberapa teman juga mengingatkan, namun demikianlah kondisi umat Islam saat ini

Anak kita, cucu, saudara, bahkan mungkin juga orang tua kita masih ikut meramaikan perayaan tahun baru, sehingga pada keesokan harinya pada lelah dan capek, sehingga waktu sholat Jum’at digunakan untuk istirahat. Ada yang menyebut sebagai rapel tidur atau ganti waktu begadang semalaman. Na’udzubillaahiminzaalikh. Semoga saja kesimpulan yang prematur ini tidak benar dan semoga kita bisa mengambil hikmah dari ini semua.

“Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang penuh lika-liku, pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, Apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?” (HR. Muslim no. 2669)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed