by

RIBA dan Kesendirian

-Headline-311 views

PagariNews.com – RIBA dan diferensiasinya membuat ekonomi jadi cuma tentang uang saja, padahal tujuan paling dasar berekonomi itu adalah bagaimana bisa memenuhi kebutuhan hidup, mendapatkan sesuatu yang bisa dimakan.

Sektor riil kian lama akan tergerus dengan ketamakan yang terjadi di sektor finansial, apalagi RIBA membuat sektor finansial senantiasa mengeskpolitasi sektor riil yang berdampak langsung pada matinya sumber daya.

Logika sektor riil mengikuti alam sedangkan logika sektor finansial mengikuti ketamakan manusia. Oleh karena itu RIBA cuma cocok di sektor finansial, RIBA alergi masuk ke sektor riil.

RIBA di sektor finansial membuat orang berfikir praktis mau untung berjualan tapi tidak stok barang, jadinya cuma meminjami saja. Tidak ada barang atau jasa sebagai gantinya, hanya ada hutang dengan meminta tambahan.

Maka kesadaran terhadap kepincangan yang tengah terjadi ini akan benar-benar merata setelah semuanya habis, ketika ikan terakhir ditangkap, pohon terakhir ditebang dan sungai terakhir mengering, semuanya akan memahami bahwa dirinya tidak makan uang.

Tetapi menjadi anti RIBA itu bisa saja masuk dalam kategori tindak subversif, karena RIBA adalah maksiat yang diundang-undangkan. Tidak halal tapi legal, jadi dosanya itu tidak melanggar hukum malah disahkan.

Heran sih ada manusia yang buat dan setujui undang-undang dengan memposisikan diri sebagai musuh Penciptanya sendiri, RIBA itu menantang perang Allah dan RasulNYA.

Yuk ah, kita ubah sama-sama. Ini kan negara dengan mayoritas muslim terbesar, kita semua berkepentingan untuk bebas RIBA. Solid bersama kumpulan orang, itulah satu-satunya cara lepas dari ‘paksaan meRIBA’ oleh karena kebutuhan atau karena kurungan aturan mainnya.

Dizalimi karena sendiri, itu terasa sangat memilukan. Maka kepada para penderita RIBA harus mau bangun kebersamaan sehingga tidak jadi bulan-bulanan.

Hadapi sama-sama, tidak usah andalkan siapa-siapa, cukup dengan orang-orang yang punya masalah serupa.

Solidaritas akan terbangun, network akan terjalin dan komunitas akan terbentuk. Kalau sudah begitu, hanya tunggu soliditas kumpulan orangnya mengeksekusi setiap potensi individu yang ada.

RIBA pasti raiB. AllahulMusta’an.

News Feed