by

Advokasi Lepas RIBA

-Headline-738 views

Advokasi adalah aksi aksi sosial, politik & budaya yang dilakukan secara terencana, terstruktur, dan dilakukan terkumpul (dikumpulkan), mengikutsertakan segala macam termasuk lobi, kampanye (kampanye), mengumpulkan koalisi, memberikan aksi massa, serta penelitian yang digunakan untuk mengubak kebijakan .

Advokasi Lepas RIBA (ALRI) diluncurkan oleh LBH Indonesia Tanpa RIBA (Intra) sejak awal pendirian pada Januari 2017, solusi terkini bagi para penderita RIBA yang telah terlanjur menyokong perjanjian dengan kreditur RIBA.

Pada dasarnya ALRI memang ditujukan bagi yang sudah bertaubat, yaitu mereka yang sudah menginsyafi maksiat RIBA-nya dan tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Hanya memang seringnya debitur baru dipaksa sadar saat kemampuan pembayaran menurun atau malah tidak ada lagi, sehingga setiap orang yang mau dibantu harus diingatkan prihal orientasi advokasinya bahwa ini bukan masalah mampu atau tidak mampu membayar.

Pasal 29 UUD 1945 Tentang Kebebasan Beragama menyebutkan (1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Penegasan bentuk ibadah, dalam hal ini meninggalkan RIBA bagi warga negara beragama Islam, ditegaskan dalam fatwa MUI no.1/2004 http://bit.ly/2wmUfXB tentang haramnya praktek pembungaan.

Masyarakat harus meminta kehadiran negara dalam mewujudkan ‘ekonomi tanpa RIBA’, bagi yang sudah terlanjur membuka perjanjian karena tidak tahu atau terpaksa sesungguhnya ada hak untuk tidak bayar RIBA.

Upaya advokasi lepas RIBA semakin kokoh dengan dibentuknya PERDA-RI atau persatuan debitur Anti RIBA baru-baru ini, mewadahi kesadaran tentang kewajiban membayar hutang dan keharaman membayar RIBA.

Masyarakat muslim sudah semakin peduli terhadap praktek bermuamalahnya terutama dalam larangan RIBA, terbukti dengan bermunculannya komunitas anti RIBA. Paguyuban Anti RIBA (PAGARI) diantara komunitas tersebut, melanjutkan gerak RIBA crisis Center untuk menyisir setiap wilayah untuk mewujudkan visi Indonesia Tanpa RIBA.

Punya masalah RIBA atau ingin ikut serta memerangi RIBA, untuk pagari diri dan PAGARI area silahkan hub. Hotline 0816889394.

Bebas RIBA itu asyiknya rame-rame.

News Feed